Kamis, 28 November 2013

11 TEORI MANAJEMEN KLASIK

11.TEORI  MANAJEMEN  KLASIK
Manajemen  ilmiah  muncul  setelah  negara-negara  eropa  barat  dan  amerika  dilanda revolusi industri, yang terjadi sekitar awal abad 20 yaitu mulai ditinggalkannya prinsip- prinsip lama yang sudah tidak efektif dan efisien lagi.

Ada 2 tokoh manajemen yang mengawali munculnya manajemen
1.   Robert Owen (1771 – 1858) (Bapak Manajemen Personalia)
Menekankan tentang peranan sumberdaymanusia sebagai kunci keberhasilan perusahaan. Dilatar-belakangi oleh kondisi dan persyaratan kerja yang tidak memadai, dimana kondisi kerja sebelumnya dan kehidupan pekerja pada masa itu sangat buruk

2.   Charles Babbage (1792 – 1871)
Seorang professor matematika dari inggris yang menaruh perhatian dan minat pada bidang manajemen. Kontribusi lain dari beliau yaitu menciptakan mesin hitung (calculator) mekanis yang pertama, mengembangkan program-program permainan             untuk                        komputer,      mengembangkan        kerjasama                      yang       saling menguntungkan antara para pekerja dengan pemilik perusahaan, dan membuat skema perencanaan pembagian keuntungan.
Mengemukakan keunggulan pembagian kerja, yaitu :
1.   waktu yang diperlukan untuk belajar dari pengalaman-pengalaman yang baru
2.   Banyaknya  waktu  yang  terbuang  bila  seseorang  berpindah  dari  satu pekerjaan kepekerjaan lain
3.   Kecakapan dan keahlian seseorang bertambah karena seseorang pekerja berkerja secara terus menerus dalam tugasnya
                  4.   Adanya perhatian pada pekerjaannya sehingga dapat meresapi alat-alatnya karena                                 perhatiannya hanya itu saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar