Tujuan Koordinasi
Apabila dalam
organisasi dilakukan koordinasi secara efektif maka ada beberapa manfaat yang didapatkan. Handoko
(2003:197) berpendapat bahwa Adapun manfaat koordinasi antara lain:
a.
Dengan koordinasi
dapat dihindarkan perasaan
terlepas satu
sama lain,
antara satuan-satuan organisasi atau antara pejabat yang ada dalam organisasi.
b. Menghindari suatu pendapat atau perasaan bahwa satuan organisasi
atau pejabat merupakan yang paling penting.
c. Menghindari kemungkinan timbulnya
pertentangan
antara
bagian dalam organisasi.
d. Menghindari terjadinya kekosongan pekerjaan terhadap suatu aktifitas
dalam organisasi.
e. Menimbulkan kesadaran diantara para pegawai untuk saling membantu.
Hasibuan (2006:86) berpendapat bahwa koordinasi penting dalam
suatu
organisasi, yakni:
a. Untuk mencegah terjadinya kekacauan, percecokan, dan kekembaran atau kekosongan pekerjaan.
b. Agar orang-orang dan pekerjaannya diselaraskan serta diarahkan untuk pencapaian tujuan perusahaan.
c. Agar sarana dan prasarana dimanfaatkan untuk mencapai tujuan.
d.
Supaya semua unsur manajemen dan pekerjaan masing-masing individu pegawai harus membantu tercapainya tujuan organisasi.
e. Supaya semua tugas, kegiatan, dan pekerjaan terintegrasi kepada sasaran
yang diinginkan.
Jadi
koordinasi sangat penting dalam mengarahkan para bawahan untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan apa yang direncanakan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar