Jumat, 29 November 2013

43.Tujuan Koordinasi

Tujuan Koordinasi

Apabila dalam organisasi dilakukan koordinasi secara efektif maka ada beberapa manfaat yang didapatkan. Handoko (2003:197) berpendapat bahwa Adapun manfaat koordinasi antara lain:
a. Dengan  koordinasi  dapat  dihindarkaperasaan  terlepas  satu  sama  lain, antara   satuan-satuan   organisas ata antara   pejaba yan ad dalam organisasi.
b. Menghindari    suat pendapat   ata perasaan    bahwa    satuan organisasi atau pejabat merupakan yang paling penting.
c. Menghindarkemungkinan  timbulnya  pertentangan  antara  bagian  dalam organisasi.





d. Menghindari terjadinya kekosongan pekerjaan terhadap suatu aktifitas dalam organisasi.
e. Menimbulkan kesadaran diantara para pegawai untuk saling membantu.

Hasibuan (2006:86) berpendapat bahwa koordinasi penting dalam suatu organisasi, yakni:
a.  Untuk mencegah terjadinya kekacauan, percecokan, dan kekembaran atau kekosongan pekerjaan.
b Agar orang-orang dan pekerjaannya diselaraskan serta diarahkan untuk pencapaian tujuan perusahaan.
c Agar sarana dan prasarana dimanfaatkan untuk mencapai tujuan.

d.  Supaya semua unsur manajemen dan pekerjaan masing-masing individu pegawai harus membantu tercapainya tujuan organisasi.
e.  Supaya semua tugas, kegiatan, dan pekerjaan terintegrasi kepada sasaran yang diinginkan.

Jadi koordinasi sangat penting dalam mengarahkan para bawahan untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan apa yang direncanakan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar