Jumat, 29 November 2013

20 MANAJEMEN PROYEK

 Manajemen Proyek – Pengertian dan Fase

Manajemen proyek adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian terhadap suatu pekerjaan atau proyek yang akan atau sedang dilaksanakan.
Manajemen proyek ini merupakan salah satu topik utama dalam bidang manajemen operasi.
Proyek yang membutuhkan waktu pengerjaan bulanan hingga tahunan sangatlah membutuhkan ilmu ini, agar bisa terlaksana dengan baik.

Fase Manajemen Proyek
Manajemen proyek ini memiliki tiga fase, yaitu:
Fase perencanaan. Fase ini mencakup penentuan sasaran, pendefinisian proyek, dan pengorganisasian tim.

Fase penjadwalan. fase ini menghubungkan orang, uang, dan bahana untuk aktivitas khusus dan menghubungkan setiap aktivitas satu dengan aktivitas lain.

Fase pengendalian. Di sini, perusahaan mengawasi sumber daya, biaya, kualitas, dan anggaran. Perusahaan juga merevisi atau mengubah rencana dan menggeser atau mengelola kembali sumber daya agar dapat memenuhi kebutuhan waktu dan biaya.

manajemen proyek adalah Tulisan ini disarikan dari buku Operation Management karangan Jay Heizer & Barry Render, Penerbit Pearson Education.

Setelah membaca konsep dasar manajemen operasi ini, sebaiknya anda membaca topik selanjutnya, yaitu masalah critical path method (CPM) dan Project Evaluation and Review Technique yang merupakan teknik manajemen proyek yang sangat sering digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar