Selasa, 26 November 2013

TUGAS TULISAN 31

 Belajar Dari Kupu Kupu

Belajar dari kupu-kupu, seekor mahluk ciptaan Allah yang unik, dan memiliki sifat sifat tersendiri dari mahluk lain.




Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.(QS. Ali Imran 190-191).
jika kita memang orang orang yang berakal, tentu dengan melihat kupu-kupu, semakin besar keimanan kita.
1.     belajar dari metamorphosis sempurna kupu-kupu
tentu semua orang tau, mengenai metamorphosis sempurna, yang merupakan perubahan wujud suatu mahluk hidup melalui tahap kepompong. tapi mengapa methamorphosis kupu-kupu?? sementara banyak hewan lain yang juga bermetamorphosis sempurna?? . sewaktu ulat, kupu-kupu hanya memakan dedaunan, sebagai tanda untuk manusia bahwa daun yang dia makan bukan merupakan daun beracun untuk manusia. dalam fase kepompong, dia berpuasa, menahan diri untuk bergerak dan makan. dan saat menjadi kupu-kupu dia begitu indah menghiasi setiap taman, membantu penyerbukan bunga. seperti kita saat berpuasa di bulan ramadhan, yang baru sebentar terlewati, kita layaknya kepompong yang menahan diri dari nafsu selama sebulan penuh, untuk menjadi lebih baik lagi setelah bulan ramadhan. bukan menjadi lebih parah dan kembali ketempat maksiat.
karena masih suasana ramadhan, ane mengajak terutama untuk ane sendiri agar dapat mencontoh kupu kupu dalam bermetamorphosis menjadi lebih baik. semoga kita menjadi insan yang rabbani, bukan hanya insan yang taat hanya saat bulan ramadhan.
2.   belajar dari sifat sifat unik kupu-kupu
sifat unik pertama ialah kupu-kupu sebenarnya transparan. dia memiliki sisik sisik kecil yang mengandung zat kimia yang menghasilkan warna saat terkena cahaya. seperti gelebung sabun yang kelihatan berwarna saat terkena sinar matahari.
sebagai seorang muslim, kita memiliki berbagai macam karakter dan sifat, sama seperti kupu kupu yang beraneka macam warna, tapi sebenarnya transparan. kita dengan berbagai macam sifat dan karakter, semua itu sebaiknya merupakan pancaran dari keimanan kita. kita hidup di dunia bukan dengan robot ataupun malaikat, tapi sesama manusia yang memang memiliki sifat yang berbeda, seperti halnya para sahabat rasulullah yang memiliki perbedaan dalam sifat, tapi keimanan mereka tetap sama, hanya kepada Allah.
Sifat unik lainnya, kupu-kupu merupakan indikator polusi. bahkan kupu-kupu dapat merasakan polusi dari jarak yang sangat jauh. ini yang menyebabkan semakin jarang kupu kupu yang berada di kota-kota besar.
kita sebagai muslim, sebaiknya menjadi panutan bahwa yang baik adalah baik dan yang jelek adalah jelek. jangan sampai hanya karena takut di katakan tidak gaul, akhirnya melakukan hal hal jelek dan dosa. kupu kupu saja tau yang mana baik, dan yang tidak (polusi). masa kita sebagai seorang muslim yang sebenarnya tau yang baik dan tidak baik tapi masih tetap melakukannya??
http://blueprivate.wordpress.com/category/tulisan-dan-artikel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar