KEMACETAN DI IBUKOTA JAKARTA
Pemerintah DKI Jakarta telah
menetapkan program 3 in 1 (ThreeInOne) sebagai salah satu cara untuk mengurangi
permasalahan kemacetan selain program pembatasan pengisian BBM bersubsidi dan
TransJakarta atau Busway. Tapi lagi-lagi semua progam yang sudah di buat masih
belum menyelesaikan kemacetan yang semakin lama akan menjadi bom waktu bagi
warga Ibukota. Faktor kendaraan adalah faktor-faktor yang berasal dari kondisi
kendaraan yang melintasi jalan raya. Beberapa hal yang menyangkut kondisi
kendaraan dapat berupa jenis, ukuran, kuantitas (jumlah) dan kualitas kendaraan
yang melintasi di jalan raya menyebabkan mudah terjadinya overload di
suatu ruas jalan. Saat ini faktor kendaraan beroda empat khususnya untuk mobil
pribadi merupakan kontributor terbesar penyebab kemacetan lalu-lintas di
Jakarta, diikuti sepeda motor, angkutan umum. Banyak mobil pribadi yang
beroperasi di jalan raya pada suatu saat tertentu secara bersamaan yang akan
menyita lahan (ruang) jalan yang memang sudah sangat terbatas. Selain itu
pemakai mobil pribadi di Jakarta sangat tidak efisien, jumlah penumpang hanya
ada 1 atau 2 orang di dalam satu mobil. Contoh saja satu rumah yang mempunyai 2
atau 3 mobil yang berbeda, 1 mobil digunakan untuk Ayahnya pergi ke kantor,
yang 1 lagi untuk mengantar Ibu
nya pergi belanja dan 1 lagi untuk mengantar anaknya ke sekolah. Hal tersebut
tentu tidak efisien, 3 mobil keluarga keluar dalam waktu bersamaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar